…: CINTA yang DEWASA :…

Sahabat, Cinta memang kerap muncul di tengah kehidupan manusia yang telah dewasa. Sebab memang cinta merupakan hal fitrah yang wajar dan normal dialami manusia. Tinggal bagaimana kita bisa menyikapinya dengan cara yang dewasa.


Seperti apa sih, cinta yang dewasa?

Sobat, jika kita memang telah menyukai seseorang, apa yang harus dilakukan?? Bukan malah mendekatinya karena takut di”rebut” orang lain atau secara intens ingin menghubunginya. no! no! no! Ne ne nee..

Tapi sikap yang utama adalah kita bisa MENGIKHLASKAN apa yang terjadi pada diri kita, termasuk perasaan kita yang terkadang karena ego kita, kita keukeuh memaksakan diri. Dan itu tidak dewasa. HuhHuh

Huh
Orang yang IKHLAS, berarti dia telah menyerahkan segalanya hanya kepada Allah. Jadi, bagi sobat yang sedang jatuh cinta, Anda pun menyerahkan perasaan itu hanya kepada Allah SWT. Bukan berarti Anda harus menghilangkan perasaan itu karena akan begitu menyakitkan dan tidak manusiawi. Sedih deh

Namun mintalah pada Allah Swt agar Anda diikhlaskan dalam menerima apa pun yang akan terjadi. Dan mintalah juga dalam doa Anda berupa ketenangan hati dalam menghadapi perasaan cinta yang Anda miliki ini.

Dan yakinlah juga bahwa perasaan ini pun merupakan bagian dari ibadah Anda yang hanya diniatkan untuk menggapai ridha-Nya. Jadi, kalau cinta merupakan ibadah, lalu mengapa cinta harus dipaksakan?
Efeknya, Anda akan bahagia jika orang yang Anda cinta bahagia. Sepenuhnya Anda ridha dengan ketentuan-Nya. Inilah juga yang dinamakan dengan cinta yang membebaskan, cinta yang merdeka! Yiihaaa!

Kemudian jika sudah seperti itu, Anda akan tenang saja. Toh, jika sudah tiba waktunya untuk melamar, dengan penuh kemantapan Anda pun akan langsung melamar.

Namun jika hasilnya ditolak, maka Anda akan tetap tersenyum, tetap berpikir positif dan tidak putus asa. Karena orang yang putus asa adalah orang yang kafir. Sebagaimana yang difirmankan Allah Swt:

“Dan janganlah berputus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir” (QS Yusuf 87)

Ya, kalo memang jodoh, tak akan kemana kan? :mrgreen: Yakinlah jika Anda ditolak, berhusnudzonlah bahwa Allah memang telah menyiapkan pasangan yang lebih baik bagi Anda. Tunggu saja! Sip, mantap!

Jika kita telah ikhlas, Insya Allah apa pun yang terjadi selalu ada hikmah yang bisa diambil. Betul? Hmmm

IKHLAS di sini berarti kita memberi, bukan memiliki. Karena Allah memang menyuruh kita untuk saling menyayangi lho :)

Dan dia termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang.” (QS 90: 17).


Doa adalah senjata bagi orang mukmin.

Subhannallah sahabat, Cinta yang Dewasa sesungguhnya menentramkan jiwa. Jika kita belum ikhlas, maka langkah yang harus dilakukan adalah berdoa kepada-Nya dengan kesungguhan hati agar diberikan keikhlasan dan diberikan rasa cinta kepada Allah Swt.

Karena jika kita sudah benar-benar mencintai Allah Swt, maka tentu kita tak akan pernah kecewa terhadap-Nya. Insya Allah.. percaya deh..Senyum manis

Laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik
Seseorang akan dipasangkan oleh Allah sesuai dengan level-nya masing-masing. Pezina dengan pezina dan kaum shalih dengan yang shalih seperti surat dalam firman Allah SWT;

Perempuan jahat untuk laki-laki yang jahat, dan laki-laki yang jahat untuk perempuan jahat; dan perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik.” an-Nur: 26)

Seringnya kita gagal atau terjebak dalam masa “penantian” yang lama adalah mungkin karena kita terlalu jauh memimpikan sementara yang diimpikannya itu belum tentu mau dengan kita ;)) Nah, makanya jangan suka yang muluk-muluk deh.. hoho

Mari kita akhiri dengan puisi berikut:

Tuhan…….
Saat aku menyukai seorang teman
Ingatkanlah aku akan ada sebuah akhir
Sehingga aku tetap bersama yang tak berakhir

Tuhan….
Ketika aku merindukan seorang kekasih
Rindukan aku kepada yang rindu cinta sejatiMu

Tuhan….
Jika kembali mencintai seseorang
Teruskan aku dengan orang yang mencintaiMu
Agar bertambah kuat cintaku padaMu

Tuhan….
Ketika aku sedang jatuh cinta
Agar tak melebihi cintaku padaMu

Tuhan
Ketika aku berucap aku cinta padaMu
Biarlah kukatakan kepada yang hatinya terpaut padaMu
Agar aku tak jatuh cinta
Dalam cinta yang bukan karenaMu

Sebagaimana orang bijak berucap
Mencintai seseorang bukan apa-apa
Dicintai seseorang adalah sesuatu
Dicintai oleh orang yang kau cinta
Sangatlah berarti

Tapi……..
Dicintai oleh Maha Pemberi Cinta
Adalah segalanya..

semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment